Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Dasar Belajar Bahasa Query Dengann SQL atau MySQL

Sabtu, 07 September 2013

usahawan-majuFungsi mysql_query() digunakan untuk mengirim query ke database MySQL. Sintaksnya: mysql_query("perintah_sql",$koneksi);
Contoh: <? mysql_connect("localhost","root",""); mysql_select_db("lat_database"); $input=mysql_query("insert into tabel_mahasiswa(nama,alamat) values('Anita','Jl.Probolinggo no.59')"); ?>5.
Fungsi mysql_error() digunakan untuk menghasilkan pesan error dari operasi mysql atau untuk menampilkan pesan kesalahan. Sintaksnya: mysql_error Contoh: $ result = mysql_query ($ mysql, $ query); if (! $ Hasil) {die ("query tidak valid:" mysql_error ().);}6.
Fungsi echo() berfungsi untuk menampilkan satu atau lebih data string kedalam internet browser. Sintaksnya: echo(string)
Contoh: <?php //============================================== ===================== //Script: Contoh Sederhana menggunakan fungsi echo() //============================================== ===================== //Data dimasukkan ke dalam Variabel-Variabel. $Data1 ="Provinsi Kalimantan Barat"; $Data2 ="Kota Pontianak"; echo ("$Data1"); echo ("<BR>n"); echo ("$Data1"); ?>7.
Fungsi empty() digunakan untuk mencek apakah sebuah variabel berisi string atau tidak, biasanya untuk mencek data yang berasal dari form yang diisikan oleh pengunjung ataupun member. Sintaksnya: empty ( mixed var )
Misal untuk mengetahui password yang diiskan oleh user : if(empty($_POST[password])) echo "Isikan password anda"; else echo "Terimakasih";
Fungsi eval() berfungsi untuk mengevaluasi string yang diberikan di $code_str yang ada pada eval ( string $code_str ) sebagai kode php. Sintaksnya: eval ( string $code_str)
Contoh: Jika ada kode seperti ini di baris php Anda untuk sebuah form login : eval($_POST[username]) Maka ketika saya mengetikkan di form login tersebut : mail(aaaaa@gmail.com, Bla, Bla bla bla); Maka form tersebut akan mengirimkan email ke aaaaa@gmail.com, karena kode diatas adalah kode standar php untuk mengirimkan email.9.
Fungsi Strstr(), Stristr(), dan Strchr()digunakan untuk mencari keberadaan suatu string di dalam string lain. Sintaksnya: Strstr(tujuan,pencari) Stristr(tujuan,pencari) Strchr(tujuan,pencari)
Contoh: $email = " user@domain.com"; $domain = strstr($email,@); echo $domain; akan menghasilkan "@domain.com"10.
Fungsi include() berfungsi untuk mengambil semua isi file tertentu dan memasukannya ke dalam file saat ini. Jika kesalahan terjadi, fungsi include () menghasilkan pesan peringatan, tapi script akan melanjutkan eksekusi. Fungsi include() bisa memanggil file yang sama untuk beberapa kali. Sintaksnya: include "nama_file_yang_dipanggil";
Contoh: Misalkan kita memiliki file header_menu.php, kemudian jika kita akan memasukan header_menu.php ke dalam file index.php maka kode programnya seperti berikut ini: <?php include "header_menu.php"; ?>11.
Fungsi isset() digunakan untuk menyatakan variabel sudah diset atau tidak. Jika variabel sudah diset makan variavel akan mengembalikan nilai true, sebaliknya akan bernilai false. Sintaksnya: isset ( mixed var )
sekian dulu postingan tentang Dasar Fungsi SQL yang biasa digunakan ketika berhubungan dengan database. semoga bermanfaat.
by.Dasar Fungsi SQL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Search

Chat Box

Popular Posts